Posts

Rekomendasi Toko Aki Jogja,

Aki Mobil Mati di Tengah Jalan : Penyebab dan Cara Mengatasi

Apakah anda pernah mengalami aki mobil mati di tengah jalan? Jika iya, maka pasti anda akan tertawa-tawa sendiri mengingat pengalaman tersebut. Bagi anda yang belum pernah mengalami maka anda harus baca artikel ini sampai selesai.

Bagi pengendara mobil tentunya pengalaman aki mobil mati di jalan menjadi sangat menjengkelkan. Apalagi kondisi tersebut diperparah dengan waktu malam hari pada saat aki mati. Tentunya ini menambah daftar kejengkelan anda. Nah, inilah pentingnya mengetahui langkah langkah yang harus diambil ketika aki mobil secara mendadak. Dalam artikel ini kita akan bahas beberapa langkah taktis guna menanggulangi hal di atas.

Sebelum kita membahas tentang penyebab dan cara mengatasi aki mobil mati saat di jalan maka mari simak dulu apa pentingnya aki untuk mobil berikut ini.

Pentingnya Aki untuk Mobil

Saat ini aki merupakan komponen yang wajib dalam kondisi sehat jika ingin kendaraan anda berjalan normal. Sebab kebanyakan kendaraan sekarang mesinnya juga dihidupkan dengan skema aki yang mengalirkan listrik pemantik mesin.

Jadi apabila aki mobil anda mengalami error atau kehabisan alias soak, maka bisa dipastikan mobil anda tak bisa jalan karena mesinnya tak dapat dihidupkan. Selain itu aki juga berguna untuk mendukung berbagai komponen lain dalam mobil. Misalnya untuk mendukung kelistrikan, yang mana itu adalah daya dukung vital dalam sebuah mobil. Tanpa adanya listrik yang menghidupkan lampu tentunya mobil anda juga tak berani jalan di tempat yang gelap. Itulah berbagai peran vital aki. Maka dari itu anda harus rutin mengecek dan melakukan service berkala pada aki mobil. Jika anda tak bisa melakukannya sendiri maka bisa meminta tolong kepada bengkel yang berkompeten. Lalu apa penyebab aki mobil bermasalah dijalan? Kalau anda tahu berbagai penyebabnya maka anda bisa berjaga jaga guna menghindarinya.

Penyebab Aki Mobil Mati di Tengah Jalan

Berikut beberapa penyebab aki mobil mati di tengah jalan.

Usia Aki yang Sudah Tua

Apabila aki yang anda gunakan sudah berusia lebih dari dua tahun maka jangan kaget bila sewaktu waktu aki anda akan mati di tengah jalan. Sebuah aki yang digunakan secara terus menerus hingga waktu tuanya maka semakin berpotensi untuk mati mendadak. Hal itu disebabkan komponen aki yang sudah lelah menjalankan tugasnya.

Aki Soak alias Pemakaiannya Tidak Wajar

Lalu aki mobil mati di tengah jalan juga disebabkan oleh kondisinya yang soak. Penyebab aki soak selain karena usia yang tua, juga karena pemakaian di luar batas wajar. Pada dasarnya aki mobil hanya digunakan untuk pemakaian kelistrikan bawaan mobil. Jika anda menambahkan barang barang elektronik lain dan dipasangkan ke aki maka itu bisa berpeluang membuat aki anda soak.

Terdapat Konsleting Sehingga Menguras Daya Aki

Walaupun anda tak memasang barang elektrik tambahan, sebenarnya aki juga bisa mati mendadak karena adanya konsleting pada kelistrikan mobil. Adanya korsleting menyebabkan daya aki terkuras sehingga aki mobil rusak di tengah jalan.
Itu tadi beberapa penyebab aki mobil mati di tengah jalan yang semoga bisa anda hindarkan pada saat perjalanan pendek maupun jauh. Jika memang kejadian aki mati, maka anda bisa melakukan berbagai tindakan berikut ini.

Cara Mengatasi Aki Mobil Mati di Tengah Jalan

Kami akan bagikan beberapa tips ketika aki mobil mati di tengah jalan. Apa saja yang harus dilakukan?

Tenangkan Diri Anda

Ketenangan adalah kunci dalam menghadapi sebuah situasi yang sulit. Jika aki mobil anda tiba tiba mati tanpa anda tahu penyebabnya maka yang pertama anda lakukan adalah menenangkan diri. Biasanya banyak orang akan panik berada di fase ini sebab mobilnya sama sekali tak bisa dihidupkan. Tenangkan diri dan jika aman serta memungkinkan keluarlah dari mobil untuk mengecek kondisi aki di kap mobil.

Cek Ketersediaan Daya Pada Aki Mobil Mati di Tengah Jalan

Lalu jika anda berhasil keluar dari mobil selanjutnya cek ketersediaan daya aki melalui kap mobil. Hal ini perlu anda lakukan karena untuk memastikan bahwa mobil anda mengalami aki mobil mati bukan karena hal lain.

Lakukan Jumper pada Mobil Anda

Lalu hal yang harus anda lakukan ketika memang akinya yang habis/bermasalah adalah melakukan jumper aki mobil. Jumper adalah tindakan menyambungkan aki mobil lain ke aki mobil yang bermasalah. Di sini anda bisa meminta tolong kepada pengendara lain yang kebetulan lewat. Anda bisa berbicara jujur bahwa anda mengalami kerusakan aki.

Hubungi Bengkel terdekat

Jika semua tindakan di atas sudah anda lakukan dan tetap akinya belum nyala, maka anda bisa menghubungi bengkel terdekat jika kondisi memungkinkan. Banyak bengkel aki mobil yang bersedia datang ke tempat anda. Namun hal ini cenderung sulit ditemukan jika anda berada di daerah pelosok. Untuk itu daripada anda harus menanggung berbagai resiko karena aki mobil mati  maka rutinlah cek aki mobil sebelum bepergian. Semoga bermanfaat.

Rekomendasi Toko Aki Jogja, Penyebab Kerusakan Aki Mobil,

Penyebab Kerusakan Aki Mobil

Tak jarang, kita sering lupain kalau aki mobil tuh jantungnya kendaraan, tapi juga bisa jadi pemicu masalah kalo kita tak berhati-hati. Salah satu penyebab kerusakan aki mobil yang utama adalah penggunaan yang nggak tepat. Misalnya, suka biarin mobil nyala tanpa jalan lama, atau sebaliknya, jarang banget dipake. Nih, keseringan nge-charge aki atau malah jarang nge-charge juga bisa bikin masalah. Terus, jangan lupa matiin peralatan elektronik pas mesin mobil mati, karena kalo nggak, bisa nambah beban aki. Selain itu, cuaca juga jadi pemain penting. Suhu ekstrem, baik panas maupun dingin, bisa bikin aki jadi rewel. Soalnya, dingin bisa bikin performa aki jelek, sementara panas bisa nyebabin penguapan cairan aki. Belum lagi cuaca buruk yang bisa ganggu pengisian daya aki. Jadi, meskipun aki mobil kita nggak keliatan, kita tetep harus perhatiin ya.

Penggunaan yang Tidak Tepat Penyebab Kerusakan Aki Mobil

Bro, tahu nggak sih kalo salah satu penyebab kerusakan aki mobil yang paling sering adalah penggunaan yang nggak tepat? Iya, benar, geng! Coba bayangin, kita lagi santai di mobil, nyalain musik atau duduk manis sambil nunggu temen di parkiran, terus kita lupa matiin mesin. Nah, itulah yang disebut overcharging. Aki mobil tuh punya kapasitas tertentu buat menampung daya, dan kalau terlalu banyak daya masuk, bisa bikin aki jadi lelah dan rusak. Jadi, inget ya, setiap kali mesin dimatiin, pastiin semua peralatan elektronik mati juga, biar aki nggak kewalahan. Dan di sisi lain, jarang nge-charge aki juga bisa jadi masalah. Jadi, kalo mobil jarang dipake, atau kita sering parkirin mobil di garasi lama, jangan lupa cek kondisi aki secara berkala. Biar aki tetep bugar dan siap jalan kapan aja.”

Suhu Ekstrem dan Iklim Buruk Dampak Cuaca pada Aki Mobil

Nah, geng, kalo lo mikir aki mobil tuh kayak pahlawan yang bekerja tanpa kenal lelah, cuaca ekstrem dan iklim buruk bisa jadi penyebab kerusakan aki mobil. Ini dia, aki mobil tuh sensitif banget sama suhu. Saat cuaca dingin, performa aki bisa merosot drastis. Jadi, kalo lo sering bangun pagi dan mobil susah nyala pas cuaca dingin, kemungkinan besar aki lo kena imbasnya. Maka dari itu, pastiin lo periksa aki secara rutin saat masuk musim dingin. Di sisi lain, cuaca panas juga bisa bikin aki capek. Panas berlebih bisa ngebuat cairan dalam aki menguap lebih cepat, yang bisa bikin level air aki turun. Kalo aki terlalu panas, bisa jadi kemampuannya menampung daya ikut menurun. Nah, biar aki lo nggak kepanasan, parkirin mobil di tempat yang teduh atau pake penutup aki khusus yang bisa bantu meredam panas.

Kerusakan Komponen Terkait, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Aki Mobil

Wah, geng, kadang-kadang, masalah aki mobil nggak cuma soal aki itu sendiri, tapi juga seputar komponen-komponen lain yang bisa berdampak ke aki. Salah satu penjahat paling sering adalah alternator dan regulator tegangan yang rusak. Nah, ini kayak suplai listrik utama buat aki. Kalo mereka bermasalah, bisa jadi aki nggak ke-charge dengan baik atau malah ke-charge berlebihan. Jadi, pastiin aja kalo semua komponen ini dalam kondisi prima saat lo periksa aki.

Umur Aki dan Perawatan yang Tidak Tepat, Menjaga Aki Mobil Tetap Berfungsi

Geng, aki mobil emang kayak jantungnya kendaraan, tapi sayangnya nggak bisa bertahan selamanya. Salah satu penyebab kerusakan aki mobil yang sering terjadi adalah usia aki itu sendiri. Setiap aki punya batas umur, dan setelah beberapa tahun, mereka bisa mulai menunjukkan tanda-tanda kelelahan. Soalnya, aki mobil itu kerja keras terus menerus, terutama kalo kita sering matiin mesin dan nyalain peralatan elektronik. Jadi, kalo lo sering alami masalah aki, mungkin waktunya buat pertimbangkan penggantian aki.

Selain soal umur, perawatan yang nggak tepat juga bisa jadi biang kerok kerusakan aki. Jadi, kalo lo lupa periksa aki secara berkala atau bahkan jarang ganti air aki, bisa jadi itu penyebab masalah. Padahal, perawatan sederhana kayak pemeriksaan rutin dan pembersihan terminal bisa jauhin lo dari masalah. Ingat, aki yang dirawat dengan baik bisa tahan lebih lama. Jadi, kalo lo sayang sama kendaraan lo, pastiin buat jaga aki dengan baik, biar mobil lo selalu ready buat jalan-jalan tanpa masalah!

Jadi, geng, sekarang lo udah paham beberapa penyebab kerusakan aki mobil dan cara menghindarinya, kan? Ingatlah, aki mobil itu komponen penting yang butuh perhatian. Jika lo ingin mengetahui lebih banyak tentang aki mobil yang berkualitas dan berbagai produk otomotif lainnya, mampir ke akishopjogja.com. Di sana, lo bisa menemukan aki berkualitas dan perlengkapan otomotif lainnya untuk menjaga kendaraan lo tetap prima. Jadi, jangan tunggu lagi, kunjungi akishopjogja.com sekarang juga untuk mendapatkan solusi terbaik bagi mobil kesayangan lo!

Harga Aki Mobil Jogja, Rekomendasi Toko Aki Jogja,

Harga Aki Mobil Jogja

Aki adalah komponen terpenting dari mobil. Karena sekeren apapun mobil kita jika akinya bermasalah maka tidak dapat kita menyalah. Aki berfungsi untuk menyimpan dan menyuplai energi listrik mobil. Penggunaannya untuk menyalakan mobil, lampu dan perangkat elektronik lainnya. Merawat aki berarti kita menjaga kenyamanan penggunaan mobil. Karena sering sekali karena aki yang kurang terawat membuat mobil jadi mogok. Kita tentu tidak ingin merasakan hal tersebut bukah? Nah solusi terbaiknya adalah membeli aki yang berkualitas. Namun kita perlu mengetahui harga aki mobil jogja sebagai acuan dasar.

Pentingnya Perawatan AKI Kendaraan

Sebagai salah satu fasilitas penting yang menunjang mobilitas kita, mobil harus bisa bekerja secara optimal. Salah satu indikator dari hal tersebut adalah akinya terus berfungsi dengan baik. Aki memang memiliki usia tertentu, tapi dengan perawatan yang teratur maka aki mobil bisa lebih tahan. Ada beberapa alasan penting mengapa kita perlu merawat aki kendaraan.

Mengoptimalkan Kinerja Mobil

Aki mobil sangat krusial posisinya. Karena aki mobil berkaitan dengan sistem pengapian, lampu, sound sistem, hingga pendinginan. Dengan merawat aki mobil dengan baik maka mobil bisa dengan mudah menyalah. Harga aki mobil jogja sangat bervariasi dengan kualitas yang berbeda. Kualitas yang baik membutuhkan perawatan yang lebih sederhana. Coba bayangkan jika di kondisi yang tengah kemarau panjang seperti ini, kita berkendara tanpa ac? Wah keringat bisa berceceran dimana-mana. Duduk jadi tidak nyaman, dan yang paling penting emosi bisa gampang terpancing. Untuk bisa menikmati kenyamanan dalam kendara dalam jangka panjang, maka perawatan aki harus selalu rutin kita lakukan.

Menghindari Kemogokan Mobil

Dalam kondisi aki soak mobil tidak bisa menyalah. Kondisi ini sangat tidak menguntungkan bagi orang pekerja. Karena kendaraan yang tidak bisa menyalah bisa mengubah harinya menjadi tidak menyenangkan. Apalagi jika sistem pengapiannya tiba-tiba ngadat sehingga mogok di tengah jalan. Kondisi ini justru akan membahayakan nyawa pengemudi. Apalagi jika mogoknya pas di tengah tengah jalan dengan arus kendaraan yang tinggi. Dampaknya tidak hanya sampai di situ. Bagi pekerja profesional waktu sangatlah penting. Bisa kita bayangkan jika mobil mogok di tengah jalan bisa menyebabkan telat masuk kantor dan meeting. Kita bisa saja kena tegur dari atasan. Oleh karena itu kita perlu memilih berdasarkan harga aki mobil jogja yang berkualitas.

Aki mobil yang bekerja optimal dapat memaksimalkan kinerja komponennya sehingga hemat bahan bakar. Sistem kelistrikan akan mendorong kerja tiap komponen mobil. Jika daya yang mengalir ke bagian tersebut kurang, maka mesin cenderung akan menggunakan sumber daya lain untuk mendukung operasinya. Misalnya saja oli mobil. Dampaknya oli mobil jadi cepat habis. Jika kita biarkan begitu saja maka, biaya pemeliharaan bisa jauh lebih mahal.

Faktor Yang Mempengaruhi Harga Aki Mobil Jogja

Kita sering menemukan aki mobil itu memiliki harga yang cukup bervariasi. Sudah menjadi tugas kita untuk mengetahui standar harga aki mobil jogja untuk jadi acuan. Ada beberapa hal yang mempengaruhi harga tersebut sebagai berikut

Jenis Aki

Perlu kita pahami bahwa setiap jenis aki memiliki komponen tersendiri. Setidaknya saat ini ada 4 jenis aki di pasaran yaitu aki kering, aki basah, aki gel dan aki AGM. Aki basah dan kering adalah jenis aki yang masih konvensional. Komponen yang mereka gunakan masih biasa saja. sehingga harganya cenderung murah. Berbeda dengan AKI AGM dan gel, keduanya merupakan hasil inovasi yang telah mengintegrasikan sistem teknologi tinggi. Keunggulannya mereka lebih tahan terhadap siklus pengisian yang mendalam. Harga aki mobil jogja menggunakan dasar dari keempat jenis tersebut. Semakin canggih akinya maka harganya semakin mahal juga.

Kapasitas Memperngaruhi Harga Aki Mobil Jogja

Faktor kedua yang mempengaruhi harga aki mobil jogja adalah kapasitasnya yaitu ampere per hour. Artinya sebuah aki memiliki kemampuan untuk mengeluarkan sejumlah ampere dalam per jamnya. Kapasitas yang tinggi tentu memiliki kualitas yang tinggi. Sehingga umumnya aki dengan kapasitas besar juga memiliki harga yang tidak murah. Pemilihan aki berdasarkan kapasitas ini bergantung pada unit kendaraan yang kita miliki. Jika mobil kita membutuhkan daya listrik yang besar maka sebaiknya menggunakan aki dengan kapasitas tinggi. Misalnya saja mobil yang telah mengalami modifikasi sound system dan pencahayaan. Jumlah daya listrik yang mereka perlukan jauh lebih banyak daripada mobil dengan fitur standar. Maka sebaiknya akinya kita ganti menggunakan kapasitas yang lebih besar.

Nah sekarang saatnya hunting aki terbaik di aki shop jogja. Bukan hanya beli aki loh di sini. Ada juga perawatan aki dengan teknik terbaik. Hanya di aki shop jogja kita bisa berdiskusi lepas dengan teknisi terbaik. Yuk cari tahu informasi lengkapnya di https://akishopjogja.com/